Senin, 23 Juli 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah    :  ………………………………
Mata Pelajaran    : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester    : IV (empat)/II (dua)
Pertemuan Ke    : 1
Alokasi Waktu    : 2 x 35 menit


Standar Kompetensi
SENI RUPA
1.      Mengapresiasi Karya   Seni rupa
Kompetensi Dasar
Membuat relief dengan teknik membutsir dan mencungkil

I.   Tujuan Pembelajaran
•      •      Siswa dapat membuat karya dengan teknik membutsir dengan teliti ( carefulness) (NK: Ketelitian ( carefulness))
•      •      Siswa dapat membedakan  cara membuat relief dengan tekhnik membutsir dan mencungkil.

 Karakter siswa yang diharapkan : 
     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
Relief merupakan gambar timbul dan perpaduan antara seni lukis dan seni patung.
Cara/ tekhnik membuat relief yaitu:
1.    Tekhnik membutsir
Tekhnik membutsir dilakukan untuk membuat relief dari bahan lunak sperti : lilin, tanah liat dan sabun.
2.    Tekhnik mencungkil
Bahan yang digunakan adalah seperti kayu, batu dll.

III.   Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Praktik
4.    Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
5.    Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

☺  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan

☺  Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    memberikan penjelasan tentang materi tersebut
    memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dengan disiplin   (NK: Disiplin ( Discipline ))
    melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
 Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

☺ Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru
 memberikan tugas untuk membuat karya dengan tekhnik membutsir dan mencungkil

V.   Sumber/Alat/Bahan
•    Buku paket SBK
•    Standar Isi 2006
•    Gambar dan foto karya seni rupa


VI.   Penilaian

☺  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


☺   Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b.      Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi.
c.       Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas.

    
☺   Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran   
Indikator Pencapaian
Kompetensi    Penilaian
    Teknik Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen/ Soal
Mmampu menyebutkan macam/ tekhnik membuat relief.     Tes tertulis    Unjuk kerja    Jelaskan tekhnik membuat relief?
•   mampu menjelaskan karya dengan teknik tertentu .
    Tes tertulis    Unjuk kerja    Jelaskan cara membuat karya tersebut?
•        membuat karya dengan tekhnik membutsir dan mencungkil.
    Lesan, praktek.    praktek    Buatkan relief dengan teknik membutsir atau mencungkil!


Indikator Pencapaian
Kompetensi    Penilaian
    Teknik Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen/ Soal
Mmampu menyebutkan macam/ tekhnik membuat relief.     Tes tertulis    Unjuk kerja    Jelaskan tekhnik membuat relief?
•   mampu menjelaskan karya dengan teknik tertentu .
    Tes tertulis    Unjuk kerja    Jelaskan cara membuat karya tersebut?
•        membuat karya dengan tekhnik membutsir dan mencungkil.
    Lesan, praktek.    praktek    Buatkan relief dengan teknik membutsir atau mencungkil!
No    Nama Siswa    Performan    Produk    Jumlah
Skor    Nilai
        Pengetahuan    Sikap           
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.                       



 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

    ............, ......................20 ...
        Mengetahui                           
        Kepala Sekolah    Guru Mapel SBK



    ..................................    ..................................
NIP/NIK :    NIP/NIK :

0 komentar:

Posting Komentar