RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ………………………………
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : IV (empat)/II (dua)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
SENI RUPA
1. Mengapresiasi Karya Seni rupa
Kompetensi Dasar
Membuat relief dengan teknik membutsir dan mencungkil
I. Tujuan Pembelajaran
• • Siswa dapat membuat karya dengan teknik membutsir dengan teliti ( carefulness) (NK: Ketelitian ( carefulness))
• • Siswa dapat membedakan cara membuat relief dengan tekhnik membutsir dan mencungkil.
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
II. Materi Ajar
Relief merupakan gambar timbul dan perpaduan antara seni lukis dan seni patung.
Cara/ tekhnik membuat relief yaitu:
1. Tekhnik membutsir
Tekhnik membutsir dilakukan untuk membuat relief dari bahan lunak sperti : lilin, tanah liat dan sabun.
2. Tekhnik mencungkil
Bahan yang digunakan adalah seperti kayu, batu dll.
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Praktik
4. Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
5. Tes tertulis
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
☺ Kegiatan Awal
1. Apersepsi
2. Salam pembuka
3. Mengabsen siswa
4. Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
☺ Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
memberikan penjelasan tentang materi tersebut
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dengan disiplin (NK: Disiplin ( Discipline ))
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
☺ Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru
memberikan tugas untuk membuat karya dengan tekhnik membutsir dan mencungkil
V. Sumber/Alat/Bahan
• Buku paket SBK
• Standar Isi 2006
• Gambar dan foto karya seni rupa
VI. Penilaian
☺ Aspek yang dinilai
- Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.
- Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.
☺ Bentuk penilaian
a. Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi.
c. Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas.
☺ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi Penilaian
Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
Mmampu menyebutkan macam/ tekhnik membuat relief. Tes tertulis Unjuk kerja Jelaskan tekhnik membuat relief?
• mampu menjelaskan karya dengan teknik tertentu .
Tes tertulis Unjuk kerja Jelaskan cara membuat karya tersebut?
• membuat karya dengan tekhnik membutsir dan mencungkil.
Lesan, praktek. praktek Buatkan relief dengan teknik membutsir atau mencungkil!
Indikator Pencapaian
Kompetensi Penilaian
Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
Mmampu menyebutkan macam/ tekhnik membuat relief. Tes tertulis Unjuk kerja Jelaskan tekhnik membuat relief?
• mampu menjelaskan karya dengan teknik tertentu .
Tes tertulis Unjuk kerja Jelaskan cara membuat karya tersebut?
• membuat karya dengan tekhnik membutsir dan mencungkil.
Lesan, praktek. praktek Buatkan relief dengan teknik membutsir atau mencungkil!
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP/NIK : NIP/NIK :
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar